Kamis, 18 April 2013

GPU (Graphics Processing Unit)


GPU (Graphics Processing Unit) merupakan hardware (chip) dalam smartphone yang digunakan untuk memproses grafis (seperti VGA pada komputer). Smartphone terbaru umumnya sudah memiliki GPU, tidak seperti handphone lawas (lama). Biasanya GPU berperan penting saat memainkan game di Smartphone.

Contoh Game HD 
















Bukan Game HD


 










Oke ini perbandingan antara sp android yang tidak punya gpu, dan punya gpu yang saya tes dari Galaxy Mini ( GPU Adreno ) dan Galaxy Young ( GPU kelas sangat rendah(Videocore HW IV) )

Ditest Saat memainkan game hd Raging Thunder 2 level Volcano, disini jelas sp android yg gak punya gpu, jalannya menjadi hitam



Smartphone Android yang tidak memiliki GPU bisa menggunakan Chainfire 3D untuk memainkan game HD (menghindari aplikasi game menutup sendiri) dengan syarat HP harus di ROOT terlebih dahulu. Tetapi kualitas grafis sedikit berkurang.

Biasanya GAME HD memiliki ukuran memori yang besar. Memiliki file APK serta DATA (kalau Android)

Sekarang yang termasuk GPU berkualitas Low-End (Bawah) di antaranya
Adreno 130 (HTC Hero)
Adreno 200 (Galaxy Mini)
Mid-End (Tengah)
Adreno 205 (Galaxy W, Xperia Play)
PowerVR 535 (iPhone 4/ipod gen4/ipad)
High-End (Tinggi)
Nvidia Tegra 3 (HTC One X)
Adreno 320 (Xperia Z)
Mali-400 MP (Galaxy SIII)

Sekian tentang GPU semoga bermanfaat bagi pembaca...

1 komentar:

  1. i am for the first time here. I found this board and I in finding It truly helpful & it helped me out a lot. I hope to present something back and help others such as you helped me. graphics processing unit

    BalasHapus